Workshop ISO 9001 : 2015 untuk UMKM oleh BSN di UNY

Workshop ISO 9001 : 2015 untuk UMKM oleh BSN di UNY

image_pdfimage_print

         Persaingan perusahaan yang semakin ketat secara tidak langsung mengharuskan pelaku usaha untuk lebih memperhatikan tidak hanya produk yang dihasilkan tetapi juga sistem dan kualitas manajemen dari perusahaan. Mengetahui pentingnya hal tersebut, Astoetik terus berusaha untuk selalu memperbaiki menejemen perusahaan. Salah satu cara yang akan ditempuh adalah dengan upaya menerapkan ISO 9001 tahun 2015, sekaligus untuk meng-update ISO 9001 tahun 2008 yang telah diterapkan sebelumnya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Astoetik telah mengirim 2 orang wakilnya untuk mengikuti workshop ISO 9001 tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Universitas Nageri Yogyakarta dan Badan Standarisasi Nasional pada tanggal 30 dan 31 juli 2019. Salah satu pemateri pada workshop tersebut, yaitu Dr. Zakiyah selaku Deputi BSN.

         Pada awal berjalannya usaha ini, produk dari Astoetik banyak diragukan oleh masyarakat dengan anggapan produk inovasi kami cepat rusak dan tidak awet. Ditambah lagi pada tahun 2016 – 2017 keuntungan perusahaan mengalami penurunan akibat dari munculnya kompetitor dan plagiator. Namun seiring berjalannya waktu, untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan untuk bisa bersaing didunia industri perbaikan menejemen serta pengembangan produk terus kami lakukan termasuk dengan mencari sertifikasi yang berguna bagi perusahaan.

         Pengembangan produk yang dilakukan perusahaan adalah dengan cara melakukan inovasi secara terus-menerus untuk peningkatan efisiensi produk. Selain itu masalah kualitas juga selalu kami tingkatkan dengan mengarahkan pada sertifikasi SNI. Sedangkan perbaikan dari sisi menejemen adalah dengan memfokuskan diri kepada peningkatan kualitas produk melalui sertifikasi SNI dan menejemen usaha berbasis ISO guna menguatkan sistem internal prusahaan. Selain itu juga melakukan persiapan diversifikasi produk dengan menyempurnakan produk terdahulu atau membuat produk baru dibidang batik.

         Menejemen usaha berbasis ISO sangat penting karena dapat menjadi standar baik atau tidaknya menejemen sebuah perusahaan. Menyadari ini, Astoetik setelah mengikuti workshop ISO 9001:2015 dan pembenahan menejemen khususnya mengenai informasi terdokumentasi dan fokus dari menejemen itu sendiri akhirnya dengan perusahaan baru CV. Astoetik Indonesia berhasil mendapatkan sertifikat resmi ISO 9001 tahun 2015 pada bulan Oktober 2019. (EM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*