Social Excursion dan Workshop Batik di Astoetik dalam Rangkaian Program AASVET dan Pascasarjana UNY 2018

Social Excursion dan Workshop Batik di Astoetik dalam Rangkaian Program AASVET dan Pascasarjana UNY 2018

Salah satu rangkaian program AASVET dan Pascasarjana UNY adalah SME Business case (Social Excursion) dengan mengunjungi salah satu UKM yang berhasil mengembangkan produk teknologi (teknopreneur) yang berasal dari alumni kampus pendidikan. Kegiatan ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Astoetik Batik yang dipimpin oleh Nova Suparmanto (SME Industry Representative) dengan konsep home industry  dikunjungi pada tanggal 9 September 2018 minggu lalu selama setengah hari dan dilanjutkan kunjungan wisata ke Candi Borobudur.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Kampung Wisata Seni & Budaya Jeblog, Bantul ini peserta diajak untuk melakukan berbagai macam kegiatan menarik. Antara lain: kunjungan lapangan melihat konsep home industry yang melibatkan beberapa rumah dan warga sekitar (total 7 workshop), menikmati sajian jajanan pasar dan makanan tradisional sego (nasi) wiwit + sate, sharing & diskusi tentang SME/ startup oleh Nova Suparmanto, serta workshop/ praktik membatik dengan teknologi pada media kaos dengan teknik kombinasi (canting tulis & cap) dan pewarnaan colet dengan kuas oleh peserta. 

Hasil karya tangan peserta langsung dibawa pulang hari itu juga sebagai oleh-oleh yang unik. Pada kegiatan social excursion tahun ini bertempat di workshop baru Astoetik dengan suasana yang klasik, terbuka, dan Jogja banget. Selesai kegiatan dilakukan penyerahan cinderamata dari Astoetik kepada perwakilan panitia yang diterima oleh Bapak Dr. Moch Bruri Triyono. Harapan dari panitia, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong startup untuk terus berkreasi, mengenalkan teknologi dengan kearifan lokal ke masyarakat global, dan mengangkat kampung Jeblog untuk lebih maju dan berkembang. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*