Program Kemenpora, Pelatihan Batik Internasional Pemuda Indonesia – Malaysia di Sanggar Astoetik

Program Kemenpora, Pelatihan Batik Internasional Pemuda Indonesia – Malaysia di Sanggar Astoetik

image_pdfimage_print

Kamis, 12 September 2019 Astoetik kedatangan tamu dari berbagai daerah di Indonesia dan Malaysia. Mereka adalah pemuda-pemudi yang mengikuti program pelatihan membatik internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI berkolaborasi dengan Sanggar Batik Astoetik. Pelatihan yang diikuti oleh +- 50 peserta ini mempelajari teknik pembuatan batik mulai dari pola, mencanting, hingga pewarnaan.

Para peserta tidak hanya belajar teori dasar tentang batik, namun juga mempraktekkannya secara langsung baik batik tulis maupun batik cap. Pada pelatihan berdurasi +- 3 jam ini, seluruh peserta bebas berkreasi menciptakan pola batik sesuai keinginan masing-masing. Meski berdurasi singkat, para peserta merasa sangat antusias membatik diatas kain berukuran 30x30cm. Selain mengasah ketelitian, kegiatan membatik juga melatih kesabaran serta belajar untuk tetap rileks.

Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan warisan luhur dan kekayaan budaya bangsa serta menambah wawasan akan proses membatik dengan teknik yang benar. Oleh karenanya, Sanggar Batik Astoetik menggunakan instruktur batik profesional yang menguasai teknik batik dengan baik dan benar.

 Sebagai salah satu warisan yang diakui dunia, sudah seyogyanya para generasi muda pelopor menjaga dan tetap melestarikan batik. Semoga pelatihan batik internasional di Sanggar Batik Astoetik  dapat memberikan dorongan untuk menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan membatik dalam beraktivitas. (MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*