Private Workshop Batik di Sanggar Baru Astoetik

Private Workshop Batik di Sanggar Baru Astoetik

Sanggar Batik Astoetik yang baru merupakan area yang dikembangkan oleh Astoetik dengan tempat yang lebih luas dan fasilitas yang lebih lengkap. Berlokasi di sebelah sanggar batik yang lama di Jeblog RT02, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul DIY. Pembangunan Sanggar Batik Astoetik selesai pada awal Maret 2020 dan berbarengan dengan pandemi Covid-19 sehingga akhirnya belum bisa digunakan dengan maksimal.

Pada bulan September 2020 yang lalu ada permintaan dari program KKN mahasiswa UNDIP Semarang bagi warga Boyolali sebanyak 5 orang mengikuti Private Workshop Batik di Sanggar Baru Astoetik. Sebelumnya juga sudah dilakukan pembelian alat dan bahan batik dari Toko Astoetik. Dikarenakan jumlah orang yang tidak banyak dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, maka kegiatan pun dilaksanakan selama kurang lebih 5-6 jam.

Workshop batik dilatih oleh tim ahli Astoetik yaitu Nurohmad, S.Sn. dengan materi full batik mulai dari pemolaan sampai pelorodan. Kain yang digunakan dengan ukuran 40x140cm dengan teknik pewarnaan colet yang menghasilkan warna bervariasi. Hasil pelatihan ini berupa produk selendang atau syal yang bisa diproduksi oleh peserta setelah mengikuti pelatihan di Astoetik dan diharapkan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*