Pisah Sambut PKL Siswa dan PI Mahasiswa di PT. PMCT & CV. Astoetik Indonesia

Pisah Sambut PKL Siswa dan PI Mahasiswa di PT. PMCT & CV. Astoetik Indonesia

Selama tahun 2020, PT. PMCT & CV. Astoetik Indonesia telah menerima siswa PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan PI (Praktek Industri) mahasiswa dari beberapa kampus dan sekolah. Diantaranya dari UNY, ITY, UST, dan UAJY. Durasi PI untuk mahasiswa rata-rata selama 1-2 bulan, lebih singkat dari PKL SMK yang mencapai 6 bulan.

Pada Januari 2021 ini, 5 orang siswa PKL dari Jurusan Mekatronika SMKN 2 Klaten telah menyelesaikan PKL selama 6 bulan mulai dari Juli 2020. Selain itu juga ada PKL dari SMK Leonardo Klaten sebanyak 2 siswi yang masih akan menyelesaikan PKL sampai awal Maret 2021. Sedangkan PKL yang baru 3 orang siswi dari Jurusan Mekatronika SMK Wisudha Karya Kudus yang juga akan melaksanakan PKL selama 6 bulan ke depan. Karena sedang dalam masa pandemi, sebelum ke Jogja siswa wajib melakukan rapid test & Alhamdulillah hasilnya non reaktif.

Setelah selesai PKL & PI, wajibmenyelesaikan laporan dan mempresentasikan laporannya di depan pembimbing industri dan direksi perusahaan. Tema proyek untuk mahasiswa lebih diarahkan R&D + trouble shooting (analisa, error/masalah, penyebab, solusi, antisipasi). Sedangkan untuk siswa lebih ke laporan produksi. Selain itu juga wajib memberikan saran/ masukan perbaikan untuk tempat PI dan memberikan ulasan di Google Review (PMCT, Astoetik, RI, Alat Batik, BTW Studio) serta membuat artikel 1 review produk.

Siswa SMKN 2 Klaten pada kesempatan PKL ini juga mulai dilibatkan dalam R&D beberapa produk, diantaranya seperti wastafel otomatis beberapa model dan thermo otomatis termasuk instalasi di tempat customer. Sehingga pengalamannya lebih banyak, tidak hanya sekedar membantu di produksi. Semoga selesai kegiatan PKL dan PI ini siswa bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang didapatkan di industri untuk mendukung keberhasilan pada jenjang berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*