Pen Plotter Batik, Produk Baru Kerjasama Riset UNY & PT. PMCT Tahun 2021

Pen Plotter Batik, Produk Baru Kerjasama Riset UNY & PT. PMCT Tahun 2021

Riset kolaborasi inovasi teknologi batik dilakukan antara industri dan perguruan tinggi yaitu PT. Putra Multi Cipta Teknikindo (PMCT) dan D4 Elektronika UNY untuk pengembangan produk Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) dalam Program Matching Fund Vokasi 2021. Kegiatan ini melanjutkan riset produk pada 2017 yang lalu, namun tahun ini dengan ukuran yang lebih besar. Perakitan produk dimulai sejak bulan September, dilanjutkan pengujian dengan Sucofindo pada akhir bulan November di lokasi (on site). Setelah hasil pengujian dari Sucofindo dinyatakan alat bekerja dengan baik, maka agenda selanjutnya yaitu Workshop Penggunaan Alat, Pameran Produk dan Pelatihan Batik Gratis pada tanggal 10-11 Desember 2021.

Hari pertama yaitu Workshop Pengenalan dan Penggunaan Produk mengundang anggota Komunitas Indonesia Membatik (IM) berjumlah 25 orang di Sanggar Batik Astoetik. Acara dibuka oleh Dr. Aris Nasuha, M.T. selaku tim dosen UNY didampingi oleh Nova Suparmanto, M.Sc. selaku Direktur PT. PMCT. Peserta yang hadir ada dari berbagai unsur seperti pemerintahan diwakili oleh Balai Batik / BBKB, pelaku/ industri batik oleh beberapa IKM berbagai kota daerah di DIY, koperasi batik oleh GKBI dan juga perwakilan sekolah oleh SMSR Yogyakarta dan SMKN 1 Bantul. Peserta diajak membuat desain di laptop masing-masing kemudian dipindah ke alat ASP2 untuk proses penggambaran motifnya. Selesai workshop masing-masing peserta membawa hasil karya desainnya yang sudah digambar pada kain ukuran 2m.

Agenda hari kedua yaitu pameran produk dan pelatihan batik gratis yang dihadiri sampai 100 orang secara bergiliran. Kegiatan pelatihan batik gratis diikuti oleh 50 orang dari peserta Program Batik Merdeka (BM) dan peserta tambahan untuk pembuatan batik ukuran 50x50cm dengan memanfaatkan alat baru yaitu Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) dalam pembuatan motifnya. Narasumber pelatihan diisi tim ahli Astoetik yaitu Aris Stiyawan, A.Md., S.Pd., Nurohmad, S.Sn., Sumardi, dan Ken Anggri Genieva Aprillianie, S.Sn. Semoga program kegiatan ini memberikan manfaat dan berkontribusi positif dalam dunia batik tanah air (NS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*