Pembuatan Pola Batik dengan Bantuan Teknologi Pen Plotter Batik Karya PMCT & UNY

Pembuatan Pola Batik dengan Bantuan Teknologi Pen Plotter Batik Karya PMCT & UNY

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memaksa kita untuk selalu up to date dengan perkembangan produk-produk teknologi baru. Riset kolaborasi inovasi teknologi batik dilakukan antara industri dan perguruan tinggi yaitu PT. Putra Multi Cipta Teknikindo ( PMCT) dan D4 Elektronika UNY untuk pengembangan produk Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) dalam Program Matching Fund Vokasi 2021.

Mesin Pen Plotter atau CNC Plotter merupakan sebuah mesin yang dijalankan menggunakan Computer Numerically Control ( G-Code). Mesin ini dapat mencetak gambar atau pola batik berukuran besar dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Dalam hal ini mesin pen plotter di buat dengan tujuan mempermudah dalam proses pembuatan pola batik, mesin ini menggunakan pensil dan kain sebagai media gambarnya dan dijalankan mengguankan software Mach3 sedangkan untuk desain gambarnya menggunakan Vectric Aspire.

Sebelum menjalankan mesin pen plotter kita harus mengubah format gambar menjadi G-Code agar dapat diproses oleh mesin pen plotter. Kita bisa menggunakan software Vectric Aspire kemudian gambar diubah menjadi vector dan disimpan dalam bentuk G-Code. Lama pengerjaan pola tergantung dari kerumitan motif yang akan dibuat, untuk ukuran dapat disesuaikan dengan keinginan pembuat. Sebagai contoh kain dengan ukuran 30 x 30 cm dengan motif bunga melati dapat diselesaikan dalam waktu 3 menit, dan kain dengan ukuran 2 m dengan motif hena dapat diselesaikan dengan waktu kurang lebih 15 menit. Selain mudah digunakan mesin ini juga lebih hemat energi karena tidak memerlukan banyak tenaga/ manusia untuk membuat pola batik, pen plotter hanya memerlukan seorang operator untuk mengawasi jalannya mesin dan meraut pensil ketika habis atau ketika pensil patah. Mesin ini tidak memerlukan orang dengan keahlian khusus karena sangat mudah dijalankan sehingga orang awam pun dapat dengan mudah belajar menjalankan mesin ini, hanya saja mesin pen plotter ini harganya masih sangat mahal. (Flr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*