Pelatihan Penggunaan Alat Teknologi Batik di Batik Nitik Blawong 2

Pelatihan Penggunaan Alat Teknologi Batik di Batik Nitik Blawong 2

Jum’at, 28 Desember 2018, Sanggar dan Toko Batik Astoetik yang telah direkomendasikan oleh Disnakertrans Bantul mengadakan pelatihan membatik yang bertempat di Dusun Blawong, Jetis, Bantul. Dalam pelatihan ini, diikuti oleh sekitar 20 orang peserta yang tergabung dalam kelompok Batik Nitik Blawong (BNB). Fokus materi pelatihan yaitu penggunaan alat batik listrik (kompor dan canting listrik) serta beberapa peralatan batik yang diproduksi oleh Astoetik dan akan digunakan peserta dengan narasumber Bp. Nova Suparmanto. Tujuan penggunaan alat-alat inovasi Astoetik ini untuk efisiensi biaya produksi sehingga harga jual batik nitik dari kelompok BNB bisa lebih kompetitif.

Selain itu dalam pelatihan juga membahas tentang teknik pewarnaan batik dengan menggunakan pewarna sintetis yaitu naptol dan indigosol sampai proses pelorodan malam dengan narasumber Bp. Sumardi (Trainer Astoetik). Materi ini disampaikan karena saat ini pewarnaan batik kelompok batik BNB masih dijasakan di luar, sehingga biaya produksi kurang ekonomis.

Acara pelatihan ini mendapatkan tanggapan yang baik dari ketua kelompok BNB yaitu Ibu Endah karena sangat bermanfaat untuk kelompok batik, dan berharap semoga dapat segera mempraktekkan untuk usaha dan bisa menambah pendapatan ibu-ibu di Dusun Blawong. Kedepannya Sanggar dan Toko Batik Astoetik akan terus mengadakan pelatihan membatik di seluruh daerah di Indonesia. Semoga rencana ini dapat terlaksana, demi kelestarian batik di Indonesia. Aamiin. Salam Budaya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*