Pelatihan Pembuatan Desain Motif Batik Taplak Meja di SMK N 1 Bantul Bersama Astoetik

Pelatihan Pembuatan Desain Motif Batik Taplak Meja di SMK N 1 Bantul Bersama Astoetik

SMK N 1 Bantul mengadakan pelatihan pembuatan desain motif taplak meja ukuran 1x1m dengan tim Astoetik. Pendampingan program membatik di SMKN 1 Bantul dengan guru tamu industri dari Astoetik Batik selama 4x pertemuan selama bulan November 2021. Pada hari Jumat, 5 November 2021 tim Astoetik berangkat untuk pelatihan pada pukul 07.00 WIB. Perjalanan dari CV. Astoetik ke SMK N 1 Bantul memakan waktu kurang lebih setengah jam, sesampainya di SMK N 1 Bantul disambut oleh guru dan siswa semua jurusan.

Pada pukul 08.00 WIB dilaksanakan acara pembukaan oleh Guru dari SMK N 1 Bantul. Setelah itu dilanjutkan penyampaian teori tentang pengenalan pewarnaan dan motif batik oleh Dinda Hidayati, S.Pd., Ken Anggri Genieva Aprillianie, S.Sn., dan dibantu oleh Florentina Devi F, dengan peserta 100+ lebih dan dibagi menjadi dua sesi, setelah selesai presentasi siswa mulai membuat motif pola batik hingga selesai dan dilanjutkan dengan istirahat dan sholat Jumat. Untuk sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB dengan penyambutan dan penyampaian teori tentang pengenalan pewarnaan dan motif batik, setelah itu dilanjutkan dengan menggambar pola motif batik sampai pukul 15.00 WIB. Mereka terlihat antusias dalam mengikuti tahap-tahapan membuat pola desain motif batik. Harapannya, siswa di sekolah SMK N 1 Bantul bisa membuat motif desain batik, serta siswa dapat melestarikan kerajinan membatik dan melestarikan budaya.

Pada hari Jumat, 12 dan 19 November 2021 para siswa melanjutkan untuk proses mencanting. Diawali pada pukul 08.00 WIB dengan pembagian kompor listrik, dari tim Astoetik juga menjual canting untuk siswa yang belum membawa canting, dilanjutkan dengan proses mencanting oleh siswa, setelah itu peserta memulai untuk mencanting pola yang sudah mereka buat atau yang sudah mereka gambar. Dalam sesi pertama terdapat kendala dalam listrik yang tidak kuat, oleh karena itu, banyak siswa yang belum selesai dan ada juga siswa yang dalam mencanting tergesa- gesa.  Setelah itu proses mencanting sampai pukul 11.00 WIB siswa dilanjutkan istirahat dan sholat Jumat. Sesi kedua juga sama dengan sesi pertama setelah alat sudah siap siswa bergegas untuk mencanting pola motif desain batik yang sudah mereka buat pada pertemuan sebelumnya. Siswa diberikan arahan oleh tim Astoetik tentang proses pencantingan dan cara mengatur panas kompor.

Pada pertemuan terakhir yaitu tanggal 26 November 2021, setelah pencantingan selesai dilanjutkan dengan pewarnaan teknik colet sampai dengan pelorodan dan pengeringan. Siswa pun terlihat antusias dalam mengikuti tahap-tahapan mencanting. Harapannya siswa dapat bisa mencanting atau membatik dengan baik. Manfaat dalam mengadakan pelatihan pembuatan pola desain motif batik siswa dapat membuat pola dan membatik dengan benar.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*