Pelatihan Batik Nitik Blawong (BNB) oleh Astoetik

Pelatihan Batik Nitik Blawong (BNB) oleh Astoetik

Kegiatan Pelatihan Batik oleh Disnakertrans Bantul kerjasama dengan @astoetik. Materi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) bidang batik, sehingga peserta dikenalkan produk-produk Inovasi Astoetik seperti kompor batik tulis listrik, canting listrik, dan kompor batik cap listrik.

Ibu Puji selaku ketua kelompok batik nitik Blawong 1 menyampaikan, “Disini dari hari selasa kemarin diadakan pelatihan membatik kita mengajukan pelatihan ke Dinas Tenaga Kerja kemudian difasilitasi juga dan Dinas Tenaga Kerja menggandeng rekanan ASTOETIK penyedia alat-alat batik. Tapi peserta belum mengetahui batik cap jadi fasilitas dari dinas kita manfaatkan untuk belajar membatik dengan cap,kalau mereka sehari harinya adalah membatik dengan canting.”

Salah satu peserta pelatihan memberikan ulasan tentang produk ASTOETIK bahwa kompor listrik yang cap itu (dengan loyang alumunium) kekurangannya panasnya lama kayanya ga bisa panas full itu sepertinya. Sedangkan untuk produk canting listriknya ya lumayan udah enak dibuat nyanting canting listriknya bagus.

Tim Innovation Center (R&D) Astoetik yang ikut terjun ke lapangan menanggapi terkait panas kompor cap ini lama karena daya yang digunakan disetting 300W dan loyang yang digunakan adalah bahan alumunium. Untuk kompor cap listrik disarankan menggunakan loyang dari tembaga sehingga panasnya bisa lebih cepat.

Semoga kelompok Batik Nitik Blawong (BNB) 1 ini semakin maju dan berkembang. Salam kompor & canting. (Blawong, 23-24 April 2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*