Pelatihan Batik Cap untuk Guru SMKN 1 Bantul di Sanggar Batik Astoetik 2022

Pelatihan Batik Cap untuk Guru SMKN 1 Bantul di Sanggar Batik Astoetik 2022

Pada tanggal 24-28 Februari 2022, CV. Astoetik mengadakan pelatihan pembuatan batik cap dengan pewarnaan sogan di Sanggar Batik Astoetik dan mengundang guru SMKN 1 Bantul sebagai peserta sejumlah 16 orang. Kegiatan pelatihan dengan tema “Workshop Membatik dalam Rangka Pelaksanaan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja” ini berlangsung dalam 2x sesi, yaitu sesi teori dan praktek pada tanggal 24-25 Februari, dan dilanjutkan dengan Tugas Mandiri pada tanggal 26 & 28 Februari 2022.

Pada tanggal 24 Februari dilaksanakanlah pelatihan sesi pertama. pada pukul 08.00-08.05 WIB dilaksanakan acara pembukaan acara oleh Aris Stiyawan A.Md., S.Pd. selaku direktur CV.Astoetik.  Dan dilanjutkan penyampaian teori tentang cara pembuatan batik sogan oleh Andre selaku Trainer dan tim Batik Astoetik. Sembari menunggu penyampaian teori selesai, maka team bantu menyiapkan alat dan bahan untuk membatik seperti menyiapkan serta mencairkan malam dan membasahi busa untuk meja cap. Pukul 09.10-11.45 Sebelum dimulai pengecapan tim trainer menjelaskan terlebih dahulu cara pengecapan yang benar. Kemudian dilanjutkan oleh guru-guru SMKN 1 Bantul. Selama proses pengecapan para guru dapat bercanda tawa sehingga suasana lebih menyenangkan.

Pelatihan dilanjutkan pada hari kedua untuk acara penyampaian teori sama dengan hari pertama. Penyampaian teori ditambah teori pewarnaan, Untuk proses dilanjut pengecapan kemudian langsung proses pewarnaan. Pewarna yang digunakan adalah pewarna Naptol. Setelah selesai pewarnaan dilanjutkan dengan pelorodan. Selama proses pewarnaan para guru dapat bernyanyi bersama dan bercanda tawa. Setelah selesai kegiatan ditutup dan poto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*