Kelebihan Menggunakan Canting Batik Listrik (Elektrik)

Kelebihan Menggunakan Canting Batik Listrik (Elektrik)

image_pdfimage_print

Sesuai dengan namanya, canting listrik adalah canting yang digunakan dengan memanfaatkan aliran listrik. Aliran listrik dihubungkan melalui tusuk kontak pada canting elektrik, kemudian arus listrik akan dikonversi menjadi panas oleh elemen pemanas yang ada di dalam bodi canting elektrik. Canting yang sudah dialiri listrik akan menjadi panas pada bagian tempat malam atau disebut nyamplung dan cairan malam yang ada di dalam canting akan mencair sehingga dapat digunakan untuk membatik.

Kelebihan menggunakan canting listrik dibandingkan canting biasa tentu saja pada saat penggunaannya. Kalau menggunakan canting tradisional, setiap mau membuat motif harus meniup cucuk canting terlebih dahulu supaya malam tidak mampet dan dapat mengalir dengan lancar. Sedangkan dengan canting elektrik, hal seperti itu tidak perlu dilakukan, karena pencantingan bisa dilakukan secara terus menerus selagi malam masih ada di nyamplung, sehingga proses dalam pembuatan pola lebih cepat selesai.

Menggunakan canting elektrik membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, hemat waktu dan tentu saja hemat biaya. Malam dapat langsung tembus pada belakang kain yang dibatik tanpa harus di bolak balik.

Canting elektrik lebih mudah digunakan, terutama bagi para pemula yang tidak mau terkena asap dari kompor yang digunakan untuk mencairkan lilin atau malam. Dengan canting elektrik mengerjakan batik tulis menjadi lebih mudah, meskipun harus tetap telaten dan hati-hati. Menggunakan canting elektrik sangatlah mudah. Semudah menulis menggunakan spidol atau bolpoin di atas kain.

Canting listrik/ elektrik buatan Astoetik dilengkapi dengan pengatur suhu panas malam. Pada Canting Listrik Astoetik versi 2, mata cantingnya (cucuk) dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan saat bekerja. Malam/ lilin tidak akan tumpah karena dilengkapi dudukan canting untuk meletakkan canting listrik pada saat tidak digunakan (standby), sehingga lebih aman untuk digunakan.

Fungsi lain dari canting elektrik, selain dipakai untuk membuat batik tulis/ membatik di atas kain adalah canting tersebut dapat juga digunakan untuk melukis di atas kaca dan bahan material lainnya seperti gerabah dan kayu.

Demikianlah sekilas mengenai kelebihan canting listrik dibandingkan dengan canting tradisional yang biasa dipakai pada jaman dahulu. Namun demikian, bukan berarti semua harus beralih ke canting elektrik. Elektrik atau tradisional bukan masalah, yang penting terus berkarya. (NS)



Spesifikasi detail Canting Batik Listrik Astoetik:

https://astoetik.co.id/product/canting-listrik-astoetik-v1/

https://astoetik.co.id/product/canting-listrik-astoetik-v2/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*