Jeblog : Kampung Wisata Seni Budaya Kreatif, Ada juga Homestay-nya

Jeblog : Kampung Wisata Seni Budaya Kreatif, Ada juga Homestay-nya

Kampung seni budaya kreatif Jeblog merupakan sebuah bentuk usaha pelestarian budaya lokal serta usaha memperkenalkan potensi seni kerajinan yang ada di dusun Jeblog kepada masyarakat luas. Jeblog sendiri merupakan salah satu kampung yang ada di Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Perintisan pertama sebagai kampung wisata dilakukan pada tahun 2015 oleh kelompok mahasiswa UNY yang dihadiri oleh Bapak Lurah Tirtonirmolo. Sedangkan peresmian kampung wisata Jeblog oleh Bapak Bupati Bantul, Drs. H Suharsono pada bulan Desember 2017.

Dalam mewujudkan kampung wisata seni kreatif, Jeblog mengunggah konsep utama bertajuk “DIY (Do It Yourself)’’. Konsep ini memberikan opsi kunjungan ke sanggar – sanggar yang ada di Kampung Seni Kreatif “ Jeblog” dengan mengutamakan rencana kegiatan yang dimiliki masing – masing wisatawan yang eksklusif. Wisatawan dapat memilih sendiri sanggar mana yang akan dikunjungi dan dalam jangka waktu yang wisatawan inginkan.

Konsep ini memberikan kepuasan bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan dengan seni sekaligus mengedukasi. Sehingga selain nilai rekreasi, karakter budaya tradisional dapat di kenalkan lewat sanggar ini. Sanggar yang ada di Kampung Seni Kreatif berupa Sanggar dan Paguyuban Seni, dengan seni dan kekhasan budaya masing – masing.  Terdapat 7 sanggar dan paguyuban yang ada di Kampung Seni Kreatif “ Jeblog “ sebagai berikut:

  • Sanggar Batik Astoetik

Batik Astoetik merupakan sentra kesenian membatik yang berada di Jeblog RT 02, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Sanggar ini rutin mengadakan pelatihan membatik baik private maupun kelompok.

  • Sanggar Gamelan Sekar Arum

Paguyuban seni dan budaya ‘Sekar Arum’ melakukan latihan karawitan rutin dilakukan setiap Kamis malam dan Minggu malam di pendopo milik warga Jeblog. Masyarakat dapat berpartisipasi memainkan alat musik gamelan pada hari tersebut. Selain seni karawitan sendiri, alunan musik tradisional ini sering dipadukan dengan lakon cerita daerah sehingga bisa menampilkan paket seni tradisional yang indah dan mengagumkan.

  • Sanggar Lukis Ruang Dalam & Gallery Fong

Seni yang mengapresiasikan pengalaman artistik seorang seniman melalui bidang dua dimensi ini juga dihadirkan di kampung seni kreatif Jeblog. Sanggar lukis Ruang Dalam dan Gallery Fong menampilkan koleksi lukisan yang indah. Pengunjung dapat melihat koleksi pribadi seniman lukis dari pemuda di dusun Jeblog, dapat menanyakan proses sampai mengetahui khas lukisan dari Ruang Dalam dan Galleri Fong ini. Wisatawan dapat mengunjungi galeri ini untuk sekedar melihat dan menikmati lukisan atau mencoba membuat karya lukis sendiri.

  • Sanggar Bambu H20 Craft

Bergerak di bidang kerajinan, menawarkan berbagai jenis kerajinan dekoratif ruangan terbuat dari bambu yang dikerjakan dengan tangan sehingga terjaga kualitas dan estetikanya. Usaha ini mulai berdiri sejak tahun 2000 dengan tenaga kerja saat ini berjumlah 10 orang. Sanggar ini melayani pembelian baik dari dalam maupun luar negeri, untuk luar negeri saat ini produk yang di tawarkan banyak di ekspor dikawasan Eropa karena sangat diminati disana.

  • Sanggar Jogja Stone Art

Seni yang bergerak di bidang kerajinan ini menawarkan produk utama berupa tungku minyak aroma terapi, tempat tisu, dan berbagai jenis kerajinan lainya yang terbuat dari bahan batu yang kami padukan dengan berbagai bahan seperti kaca dan kayu.

  • Sanggar Teater Kereta

Model penggarapan drama reading oleh Bapak Bardikari (Ketua Sanggar Kereta) adalah potensi yang harus segera dikembangkan untuk teater dan sastra. Sehingga pagelaran sastra bisa lebih kaya, tidak terbatas pada puisi atau geguritan. Sanggar Teater Kereta merupakan salah satu anggota dan pengurus Paguyuban Teater Bantul.

  • Bregodo Wirobayan

Bregodo adalah pasukan prajurit Kraton yang sering mengiringi dan mengawal arak-arakan acara yang digelar Kraton. Sementara itu Bregodo Rakyat adalah prajurit-prajurit rakyat di luar Kraton. Sejumlah daerah dan kampung di Bantul memang memiliki prajurit rakyat yang bertindak seperti prajurit Kraton di sejumlah acara yang digelar secara lokal di daerah masing-masing. Mereka pun menduplikasi gaya, pakaian hingga aksesoris prajurit Kraton. Salah satunya adalah Bregodo Wirobayan yang ada di Kampung Jeblog dengan berbagai prestasi yang telah diraih.

 

Berbagai kegiatan juga rutin diadakan untuk mendukung Program Kampung Seni Kreatif Jeblog, seperti Jeblog Kawistara pada tahun 2017 dan Festival Mural tahun 2019. Terdapat beberapa homestay juga di Kampung Jeblog yang bisa disinggahi wisatawan yang sedang belajar di sanggar seni di Jeblog dengan biaya dan fasilitas yang bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*