Bimtek Batik Tulis untuk IKM Batik Kab. Malang, Program Kemenperin oleh Tim Astoetik 2022

Bimtek Batik Tulis untuk IKM Batik Kab. Malang, Program Kemenperin oleh Tim Astoetik 2022

Bimbingan Teknis (Bimtek) Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah (IKM) merupakan program Kementerian Perindustrian dan mitra kerja DPR serta dinas terkait. Tujuan kegiatan ini adalah menambah dan memperdalam kemampuan (skill) dan teknik khususnya di bidang batik, agar mampu meningkatkan kualitas produk, bersaing di era saat ini serta menjadi IKM yang inovatif dan kreatif dengan ciri khas yang ada di daerah. Sebelumnya telah dilangsungkan acara pembukaan Bimtek Wirausaha Baru IKM yang dilaksanakan di Hotel Atria Kota Malang pada Minggu, 27 Maret 2022. Dilanjutkan dengan kegiatan Bimtek selama 3 hari pada hari Senin-Rabu tanggal 28-30 Maret 2022. Astoetik dipercaya mengisi Bimtek Batik yang dilangsungkan di Gedung Kelurahan Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kab. Malang dengan peserta berjumlah 20 wirausaha IKM perwakilan se-Kecamatan Ngantang.

Kegiatan Bimtek disambut oleh Kepala Desa, Ibu Lurah, Perwakilan dari Disperindag Kab. Malang. Kegiatan diawali dengan penyampaian sedikit teori oleh instruktur batik dari Astoetik yaitu Bapak Sumardi bersama tim, tentang batik dan bagaimana cara memproduksi batik yang baik dan standar. Nova Suparmanto selaku founder Astoetik menambahkan penjelasan tentang teknologi batik dan manfaatnya untuk peningkatan kualitas batik dengan penggunaan kompor batik listrik dan canting batik listrik. Selanjutnya diskusi tentang kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta selama ini, apa penyebabnya, serta solusi terbaik yang coba diberikan oleh instruktur batik Astoetik.

Pada saat Bimtek peserta sebelumnya telah membuat motif batik khas daerah di Ngantang, Malang seperti naga, ikan, buah-buahan, tanaman, dan lainnya pada kain yang siap untuk dicanting. Sebelum proses pencantingan para peserta, didemokan bagaimana cara memegang canting batik yang benar dan nyaman, bagaimana posisi duduk pada saat mencanting, bagaimana cara menyimpan kain hasil pencantingan agar tidak rusak, serta berbagai teknik yang digunakan selama proses pemberian lilin malam ini. Setelah itu peserta mulai mencanting dengan didampingi dan diarahkan oleh instruktur dan tim. Selesai pencantingan dilanjutkan dengan proses pewarnaan menggunakan pewarna naptol, dan beberapa peserta mencoba kombinasi dengan remasol. Setelah selesai pewarnaan dilanjutkan dengan pelorodan dan pengeringan. Para peserta merasa sangat senang dan mengapresiasi terselenggaranya Bimtek Batik ini, karena batik yang dihasilkan menjadi lebih bagus dan layak jual dibandingkan hasil batik sebelum diadakannya Bimtek. Hasil kreasi batik peserta ini selanjutkan akan ditampilkan pada saat penutupan rangkaian Bimtek yang dilangsungkan di Hotel Atria Malang pada tanggal 31 Maret 2022 di depan para pejabat dan ratusan peserta lainnya. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*