Bimtek Batik Khas Gunungkidul Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kab. Gunungkidul 2022

Bimtek Batik Khas Gunungkidul Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kab. Gunungkidul 2022

Pada hari Selasa-Kamis tanggal 12-14 April 2022 di Gedung PGRI Wonosari, Astoetik kembali dipercaya untuk pengadaan peralatan & bahan membatik, serta mengisi acara kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Batik Khas Gunungkidul tahun 2022. Kegiatan tahun ini sedikit berbeda karena dilaksanakan pada saat bulan suci Ramadhan 1443H. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, dengan jumlah peserta 30 orang setiap harinya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan), kemudian dilanjutkan Nova Suparmanto selaku founder Astoetik menjelaskan panduan teknologi dan dilanjutkan oleh tim trainer batik dari Astoetik. Kegiatan dilanjutkan menggambar motif batik oleh peserta se-Gunungkidul dengan beberapa contoh motif yang sudah disediakan untuk dijadikan referensi. Setelah selesai menggambar motif para peserta melanjutkan menyanting kain yang sudah berpola di area khusus pencantingan yang telah disediakan oleh panitia.

Sembari menunggu beberapa peserta yang belum selesai menggambar pola para peserta mulai mencicil menyanting di tempat yang sudah disediakan. Selama proses pencantingan para peserta dapat bercanda tawa sehingga suasana lebih menyenangkan, kemudian setelah selesai pencantingan dilanjutkan dengan proses pewarnaan. Pewarna yang digunakan adalah pewarna naptol dikombinasikan dengan remasol karena cuaca yang sangat mendukung. Setelah selesai pewarnaan dilanjutkan dengan pelorodan dan ditutup dengan diskusi dan evaluasi oleh Dinas Kebudayaan Gunungkidul dan foto bersama.

Bmtek hari kedua dan ketiga untuk kegiatannya hampir sama seperti hari pertama, tetapi lebih lama hari kedua karena peserta belum mengerti teknik membatik karena pada hari pertama peserta lebih familiar dengan proses pembatikan dan pewarnaan. Warna yang digunakan pada hari kedua juga sama pada hari pertama. Acara ditutup dengan foto bersama dengan membawa hasil karya masing masing peserta. Dengan adanya kegiatan pelatihan batik ini diharapkan bermanfaat bagi peserta khususnya masyarakat di daerah Gunungkidul dalam mengembangkan desain batik khas daerah. Dapat memberikan pengalaman apresiasif dan kreatif bagi peserta untuk membuat desain baru yang dapat mengembangkan batik menjadi usaha baru. Serta diaplikasikan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan batik di sekolah sebagai pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*