BIMTEK Batik Dinas (Kundha) Kabudayan Gunungkidul 2021

BIMTEK Batik Dinas (Kundha) Kabudayan Gunungkidul 2021

Pada hari Senin-Selasa tanggal 15-16 November 2021 di gedung PGRI, Astoetik kembali dipercaya melakukan bimtek batik digunungkidul. Kegiatan dibuka oleh kepala dinas kebudayaan, kemudian dilanjutkan Nova Suparmanto selaku founder Astoetik menjelaskan panduan teknologi dan dilanjutkan oleh Sumardi selaku ahli pewarnaan dalam membatik. kemudian diteruskan dengan materi tentang edukasi seputar Covid-19 oleh perwakilan dinas DPR Kab. Gunungkidul. Kegiatan dilanjutkan menggambar motif batik oleh peserta dari guru- guru sd segunungkidul. Setelah selesai menggambar motif para peserta melanjutkan menyanting kain yang sudah berpola.

Sembari menunggu beberapa peserta yang belum selesai menggambar pola para peserta mula mencicil menyanting dan makan siang. Selama proses pencantingan para peserta dapat bercanda tawa sehingga suasana lebih menyenangkan, kemudian setelah selesai pencantingan dilanjutkan dengan proses pewarnaan. Pewarna yang digunakan adalah pewarna naptol karena cuaca tidak mendukung untuk menggunakan pewarna yang lain. Setelah selesai pewarnaan dilanjutkan dengan pelorodan dan ditutup oleh Dinas Kebudayaan Gunungkidul dan foto bersama.

Dilanjutkan hari kedua dari smk  untuk acara penyambutan sama dengan hari pertama. untuk prosesnya sama seperti hari pertama tetapi lebih lama hari kedua karena peserta belum mengerti teknik membatik karena pada hari pertama peserta lebih familiar dengan proses pembatikan dan pewarnaan. Warna yang digunakan pada hari kedua juga sama pada hari pertama karena cuaca mendung. Acara ditutup dengan foto bersama dengan membawa hasil karya masing masing peserta.

Tujuan kegiatan:

  a. Memberikan wawasan apresiasi dan pelatihan pembelajaran batik kepada guru dan siswa

  b. Melatih guru dalam pengembangan desain batik

  c. Melatih guru dan siswa membuat batik tradisional

  d. Melatih guru dan siswa dalam mengembangkan finishing batik

Manfaat kegiatan:   

Dengan adanya kegiatan pelatihan batik ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan siswa dalam mengembangkan desain batik. Selain itu diharapkan kegiatan pelatihan batik ini dapat memberikan pengalaman apresiasif dan kreatif bagi guru dan siswa untuk membuat desain baru yang dapat mengembangkan batik dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan batik di sekolah sebagai pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*