Bimtek Batik Dinas (Kundha) Kabudayan Gunungkidul 2020

Bimtek Batik Dinas (Kundha) Kabudayan Gunungkidul 2020

Bimtek Batik dalam rangka Kegiatan Pengembangan dan Implementasi Nilai-nilai Luhur dalam Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Gunungkidul pada Bulan Desember 2020 dilaksanakan di 3 lokasi yaitu Omah Kayu, Gedung PGRI 1, dan Gedung PGRI 2 Wonosari selama 6 hari.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Drs. Agus Kamtono, M.M. selaku Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Pada Kabupaten Gunungkidul. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang edukasi seputar Covid-19 oleh perwakilan dinas dan DPRD Kab. Gunungkidul.

Setelah itu baru Workshop Batik Corak Gunungkidul oleh Tim Astoetik Peserta dari kegiatan ini adalah perwakilan dari 18 kecamatan (kapanewon) yang ada di Kabupaten Gunungkidul, dan setiap sesi ada 30 peserta. Pelaksanaan kegiatan BIMTEK ini juga melibatkan pelaku seni budaya yang masih muda di Wonosari, Gunungkidul untuk membantu dan menyukseskan kegiatan.

Materi dari kegiatan Bimtek Batik ini antara lain : 

  1. Mengenalkan tentang Batik Asli Indonesia dan motif corak potensi daerah, khususnya di Gunungkidul seperti walang, lobster, coral, ulet, pohon jati, buah naga, dan lainnya.
  2. Mengetahui tentang peralatan, teknologi, dan bahan yang digunakan untuk membatik
  3. Memahami alur proses membatik dan hasil akhir proses batik, serta produk jadi dari hasil batik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*